Catatan, Fitur

JANGAN KALAH DENGAN PENIPU

Beberapa pekan yang lalu saya sedang mencari hape untuk tim. Saya mencarinya di Facebook Marketplace. Ketika sedang scroll mencari-cari, maka ketemulah iklan...

Written by Hasnil · 1 min read >
Penipuan online
Penipuan online
Computer hacker and cyber crime

Beberapa pekan yang lalu saya sedang mencari hape untuk tim. Saya mencarinya di Facebook Marketplace. Ketika sedang scroll mencari-cari, maka ketemulah iklan Facebook (Facebook Ads) hape yang murah. Di situ tertulis bahwa barangnya adalah hasil gadai yang tidak tertebus.

Lalu saya klik iklan itu dan saya dibawa ke akun instagram yang mengatasnamakan Pegadaian Syariah di Bandung. Saya pun tertarik dan klik link whatsApp yang ada di profilnya. Saya sapa dan biasalah saya dipanggil “Kakak.” Jadi terasa tambah muda 15 tahun. Oya saya masih muda ding. Wkwkkk

Saya terkejut dengan kecepatan respons customer service-nya. Panggilan yang ramah dan cekatan. Bujuk rayu closingannya keren. Akhirnya saya diminta transfer sesuai dengan harga barang. Namun saya inginnya COD. Dari sini lah si CS ini mulai kelimpungan.

Customer Service-nya tidak mau kalau COD. Bisanya transfer atau datang ke kantornya untuk cash. Lho.. “bukannya sekarang ekspedisi atau marketplace” juga sudah bisa COD. Menurut saya tinggal transaksi saja di Marketplace ijo untuk bisa memakai layanan itu.

Insting detektif saya mulai bekerja. Saya cari info tentang pegadaian syariah itu. Kata kunci “penipuan pegadaian syariah” saya pakai di Google. Voila.. ketemulah banyak kasus yang muncul. Ternyata akun instagram pegadaian syariah itu buanyak banget. Modusnya sama, yaitu iklan di facebook atau instagram ads untuk menjerat orang yang ingin punya barang murah.

Tidak lama setelah itu istri saya cerita juga tentang temannya yang ketipu iklan karpet murah di Instagram. Modusnya sama, yaitu menggunakan iklan berbayar. Customer Service yang killer bikin closing. Barangnya murah banget, kalau gak salah harganya Rp 300 ribu untuk karpet yang dipasarannya Rp 800 ribu.

Tidak lama lagi kakak ipar saya yang menanyakan, apakah masuk akal ada satu set sofa harganya Rp 1 juta dan free ongkir. Dia dapatnya juga dari iklan facebook. Ya saya jawab saja, masuk akal kalau barangnya sudah ada di depan mata. Jadi tidak masuk akal kalau masih bentuk gambar.

Barang-barang murah itu bisa jadi beneran ada. Mungkin saja barangnya impor atau sisa ekspor. Barang yang cacat atau reject juga bisa dijual murah. Namun, “too good to be true” — jangan sampai terkecoh!

Pedagang Jujur jangan mau kalah

Masih ingat dengan kasus penipuan “mama minta pulsa?” Cara menipunya dengan mengirimkan SMS secara sporadis ke calon-calon korbannya. Pesan itu berupa spam. Penipu itu hanya menyebar jala ngasal dengan harapan ada yang kena.

Sayangnya cara-cara seperti itu masih dipakai juga oleh pedagang jujur di Indonesia. Padahal penipu sekarang sudah canggih, mereka sampai menggunakan akun instagram yang ditata dengan serius. Bahkan mereka rela membayar iklan beneran untuk menipu. Bisa jadi mereka juga pakai tekhnik funnel dan growth hacking yang canggih. Facebook pixel ditanam juga sehingga bisa retargeting.

Jika pedagang jujur masih menggunakan cara-cara spam atau kurang etis, hati-hati saja. Jangan sampai pedagang jujur malah dikira penipu. Bagi para ahli digital marketing, cara-cara spam membuat internet menjadi kurang sehat. Indonesia termasuk yang brutal dalam penjualan online dengan cara spam ini.

Ingat bisnis itu tidak hanya untung dan rugi, tapi juga surga dan neraka. Lebih baik laba secukupnya tapi barokah. Paling baik lagi laba maksimal dan barokah. Sebab barokah itu bukan hanya sekedar apa yang dijual, tapi juga jalan menuju penjualannya.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk bergabung di Channel telegram Pendopo Bisnis dan berlangganan email untuk strategi digital marketing terbaru.

Written by Hasnil
Full-timer Father | Part-timer Entrepreneur | Muslim Seorang ayah yang terus belajar untuk menjadi ayah dan sekaligus suami yang baik. Saya suka bisnis dan diskusi tentang bisnis bersama teman-teman saya. Selalu punya ide-ide baru dan berusaha menyiapkan eksekusinya. Profile

Flywheel untuk Jomblo Fiisabilillah

Hasnil in Catatan
  ·   48 sec read

#MomongAnak

Hasnil in Catatan
  ·   54 sec read

Salahnya Kodok

Hasnil in Catatan
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *